2.4.11

Tolak Peluru

Soal Jawab tentang tolak peluru



SOAL !

1.     Sebutkan macam-macam cara memegang peluru!
2.    Sebutkan teknik dasar tolak peluru!
3.    Jelaskan cara memegang peluru!
4.    Jelaskan cara melakukan gerakan menolak peluru!
5.    Jelaskan cara melakukan gerakan saat lepasnya peluru!

JAWABAN :

1.     Macam-macam cara memegang peluru ada 3 macam, yaitu:
Ø  Jari-jari agak rapat
Ø  Jari-jari agak renggang
Ø  Jari-jari  agak lebih renggang (untuk tangan yang agak kecil dengan jari-jari pendek)

2.    Teknik dasar memegang peluru adalah sebagai berikut.
Ø Teknik memegang dan meletakkan peluru
Ø Cara menolak peluru

3.    Cara-cara memegang peluru, yaitu:
a.    Jari-jari agak renggang. Jari kelingking ditekuk berada disamping peluru, sehingga dapat membantu untuk menahan supaya peluru tidak mudah tergeser dari tempatnya. Untuk menggunakan cara ini, penolak peluru harus memiliki jari-jari yang kuat dan panjang-panjang.
b.    Jari-jari agak rapat. ibu jari di samping, jari kelingking berada di samping belakang peluru. Jari kelingking selain berfungsi untuk menahan jangan sampai peluru mudah bergeser, juga membantu menekan pada waktu peluru ditolakkan. Cara ini lebih banyak dipakai daripada cara pertama.
c.    Bagi mereka yang tangannya agak kecil dan jari-jarinya agak pendek, dapat menggunakan cara ketiga ini, yaitu jari-jari seperti pada cara yang kedua tetapi lebih renggang. Kelingking di belakang peluru sehingga dapat ikut menolak peluru, ibu jari untuk menahan geseran ke samping. Oleh karena itu,tangan pelempar kecil dan berjari-jari pendek, peluru diletakkan hampir pada seluruh lekuk tangan.

4.    Dari sikap menolakkan peluru ini, tanpa saat berhenti harus segera diikuti dengan gerakan menolak peluru. Jalannya dorongan atau tolakkan pada peluru harus lurus satu garis, sudut lemparan kurang lebih 40.

5.    Sesudah menolak peluru, membuat gerak lompatan untuk menukar kaki kanan ke depan. Bersamaan dengan mendaratnya kaki kanan, kaki kiri ditarik ke belakang demikian pula dengan lengan kiri untuk memelihara keseimbangan.






Sumber:
Tugas Penjaskes kelas XI

1 comments:

Unkown mengatakan...

Izin copy. Makasi ya sebelumnya

Posting Komentar

 

Got My Cursor @ 123Cursors.com